Toko Barang Bekas di Jepang

Harga-harga barang di Jepang memang terbilang mahal jika dibandingkan dengan di Indonesia. Tapi bukan berarti tidak bisa memiliki barang bagus dengan harga murah. Di Jepang ada namanya toko barang bekas. Barang bekas dalam bahasa jepang adalah 中古(chuuko). Barang bekas ini ada berbagai macam, diantaranya pakaian, barang elektronik, kaset musik atau game, buku, peralatan rumah tangga dan mainan. Harga barang bekas ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan barang barunya. Asalkan pandai memilih, anda dapat memiliki barang bekas dengan kualitas yang masih bagus. Toko barang murah yang saya kenal adalah Book-Off dan Second Street. Keduanya punya banyak cabang di berbagai wilayah. Saya tinggal daerah Maebashi, Gunma, dan toko-toko ini terdapat di beberapa tempat.

Belanja-belanja barang bekas, saya membeli pakaian musim dingin, handphone, dan buku. Sesekali sehabis gajian saya akan berburu barang bekas. Jika menemukan barang menarik yang murah, maka saya tak ragu untuk membelinya. Tapi kadang saat belanja, ada barang menarik, tapi uang tidak cukup, terpaksa harus narik uang tabungan lagi. Tapi setelah itu, tentu saya harus kerja paruh waktu untuk menutupinya. Beberapa barang bekas yang saya beli mengalami kerusakan sebelum terpakai lama. Itulah resiko terburuknya, khususnya barang elektronik.

Menjual Barang Bekas

Jika anda memiliki barang yang sudah tidak digunakan, daripada dibuang percuma, anda dapat menjual barang tersebut kepada toko barang bekas. Untuk menjual barang bekas, khususnya bagi orang asing (外人/gaijin), anda perlu memperlihatkan beberapa identitas. Identitas yang perlu diperlihatkan diantaranya :

  1. 免許証(menkyoshou), yaitu lisensi izin mengemudi atau kalau di Indonesia disebut SIM.
  2. 在留カード(zairyuu kaado), yaitu KTP selama tinggal di Jepang.
  3. パスポート(pasupooto), yaitu paspor.

Jika tidak memiliki SIM, syarat masih dapat diabaikan. Serahkan barang bekas yang ingin anda jual. Pihak toko akan memeriksa dan memberikan tawaran harga. Jika sudah merasa harga yang ditawarkan sudah sepadan, maka anda akan dibayar dan diberikan nota penjualan. Informasi ini saya dapatkan saat berbelanja buku bekas di Book-Off. Saya coba menanyakan hal penjualan barang bekas kepada kasirnya dan mereka dengan senang hati memberikan informasinya.

comments powered by Disqus