Buah Kaki, Buahnya Musim Gugur

Buah kaki? Ya, namanya memang buah kaki, kanjinya 柿 (dibaca: kaki). Saya coba terjemahkan ke bahasa Indonesia, ternyata artinya buah kesemek. Mungkin memang buah kesemek. Saya sendiri gak pernah makan, bahkan liat buah kesemek aja gak pernah.

Buah ini hanya berbuah pada musim gugur.  Musim gugur (秋/aki) adalah musim peralihan dari musim panas (夏/natsu) menuju musim dingin (冬/fuyu). Musim di mana momiji (紅葉) begitu merah merekah. Daun-daun berubah dari hijau menjadi kuning atau merah. Terlihat sangat indah dan udarapun sangat sejuk. Di saat seperti inilah buah kaki berbuah.

Ketika sudah matang, buah ini berwarna jingga dan rasanya manis. Teksturnya seperti buah apel. Ada bijinya persis posisinya seperti biji buah apel.

Image

Buah kaki.

Kebetulan di asrama sekolah tempat saya tinggal ada buah kaki yang tumbuh. Kalau gak dipetik buah itu bakal habis dimakan burung. Saya pernah dapet yang begitu matang sekali, ada bekas patukan burungnya. Saya coba, wah rasanya mantap banget, sangat manis. Seperti musim gugur yang akan datang saya tidak bisa menikmatinya lagi, karena saya akan pindah ke apartemen.

Buah kaki ini ada dijual di supermarket ataupun yaoya (八百屋), yaitu toko yang khusus menjual sayur/buah. Saya pernah lihat di yaoya, tapi gak perhatikan berapa harganya. Mungkin saja sekitar 100¥ per buahnya. Di samping gedung sekolah juga ada yang tumbuh. Tapi sepertinya gak ada yang berani metik buahnya hahaha. Saya ingat, waktu musin semi (春/haru) pohon itu berbunga dengan indahnya, saya mengira itu pohon sakura.

comments powered by Disqus