Musim Panas, Musim Penuh Keringat

Musim panas di Jepang disebut natsu (夏). Musim panas berlangsung sekitar bulan Juni hingga Agustus. Musim panas diawali dengan musim hujan. Musim hujan di musim panas disebut tsuyu (梅雨). Kemana-mana harus bawa payung atau mantel. Jangan lupa cek perakiraan cuaca sebelum keluar rumah. Perakiraan cuaca di Jepang terbilang akurat. Kalau hari ini diperkirakan hujan, maka 90% kemungkinan akan hujan. Persiapkan payung atau mantel. Saat musim panas juga kadang terjadi angin topan (台風/taifuu).

Saat musim panas, penggunaan listrik juga jadi meningkat. Penggunaan pendingin ruangan (エアコン/eakon) bakal meningkat. Otomatis biaya listrik juga bakal meningkat. Tapi untungnya untuk masalah mandi, pakainya air dingin jadi penggunaan gas menjadi berkurang. Air di Jepang memang udah dingin. Tidak pakai pendingin tapi udah sedingin es.

Di musim panas terjadi perbedaan waktu siang dan malam. Waktu siang menjadi lebih panjang dan waktu malam menjadi sebentar. Matahari itu terbit sekitar jam 4:30 dan terbenam sekitar jam 7. Tahun lalu, musim panas bertepatan dengan bulan Ramadhan. Jadinya puasanya sangat panjang dibanding di Indonesia. Jam 2 udah bangun sahur dan buka puasanya jam 7 lewat.

Pas musim panas ada liburan namanya libur musim panas (夏休み/natsu yasumi) sekitar 1 bulan. Saat liburan, pelajar berhak untuk melakukan kerja paruh waktu 40 jam dalam seminggu. Saat yang tepat untuk mengumpulkan uang banyak. Ketika musim panas, orang-orang Jepang akan pergi berlibur ke pantai. Pemandangan apa lagi yang bakal anda lihat ketika berlibur ke pantai, anda sudah pasti tahu hehehe. Tapi saya tidak pergi liburan waktu musim panas. Saya bekerja mengumpulkan uang. Bener-bener musim yang penuh keringat. Udah banyak uang, langsung habis buat bayar SPP. Begitulah di sini, sekolah dengan biaya sendiri tanpa beasiswa. Tapi saya berencana untuk pulang liburan ke Indonesia pas musim panas tahun ini. Itu berarti saya harus kumpulkan uang pas liburan musim semi nanti.

Musim panas musimnya haus dan keringatan. Jadi kemana-mana bawa minuman, cepat banget dehidrasinya. Ketika musim panas saya masih bekerja di pabrik daging. Siang-siang panas, kita dibagikan minuman dingin segar secara gratis. Orang-orang di sana baik-baik, terutama ketua pabriknya (社長/shachou). Orangnya suka ketawa dan bercanda hahaha. Tapi akhir musim panas saya keluar dari perusahaan itu karena alasan tertentu.

comments powered by Disqus