Beli Wacom Intuos Comic di Jepang

 

Wacom Intuos adalah Tablet Pen Pad yang dapat digunakan untuk menggambar komik. Terdiri dari 2 perangkat, yaitu tablet dan pen. Tablet ini memiliki fungsi serupa dengan touchpad dan memiliki tombol shortcut yang terletak di sisi kiri atas dan kanan atas. Tablet terhubung ke komputer/laptop menggunakan kabel USB. Sedangkan pen berfungsi sebagai kursor. Dengan menggunakan software tertentu yang telah disediakan di dalam kaset instalasinya, pen ini dapat digunakan untuk menggambar. Caranya adalah dengan menyentuhkan ujung pen pada tablet.

Image

Wacom Intuos Comic.

Jika dibandingkan menggunakan mouse, hasil gambar dengan menggunakan tablet pen lebih bagus. Jika anda menggunakan mouse, maka garis yang anda gambar jadi bergerigi karena memang pergerakannya tidak halus. Dengan menggunakan tablet pen, garis yang anda ukir menjadi lebih halus seperti menggambar menggunakan pensil di kertas. Selain itu, tablet pen juga memiliki perbedaan ketebalan garis dengan cara memberikan tekanan pada pen ketika mengukir di atas tablet. Semakin pen ditekan, maka garis yang diukir akan semakin tebal. Perlahan kurangi tekanan pada pen untuk membentuk ujung garis yang runcing. Silahkan lihat pada gambar di bawah untuk melihat bagaimana hasil gambar dengan menggunakan tablet pen.

Image

Hasil gambar percobaan.

Saya masih tinggal di Jepang dan ingin sekali memiliki perangkat ini. Sebelumnya saya telah mencari-cari di mana saya dapat memperolehnya. Di internet sih ada, yaitu Amazon.com Jepang. Tapi saya ingin mencari di daerah sekitar tempat tinggal saya. Akhirnya saya memulai petualangan dalam mencari toko yang menjual perangkat ini dengan bantuan navigator. Awalnya saya singgah terlebih dahulu di Book-Off, apakah ada tablet pen bekas yang dijual. Tablet pen bekas ada sih dijual, tapi bukan Wacom. Saya maunya Wacom sih. Saya pikir daripada beli bekas, mending beli baru saja. Tablet pen bekas itu selain bukan Wacom juga bisa jadi cuma bisa dipakai dalam waktu singkat, entahlah. Sayapun mencari toko elektronik lagi dengan menggunakan navigator. Toko yang ditunjukkan navigator adalah Yamada Denki. Ya, Yamada Denki adalah salah satu toko peralatan listrik, elektronik dan komputer yang dapat ditemui di berbagai daerah di Jepang. Tempat tinggal saya bukan termasuk kota besar di Jepang, tapi terdapat 2 toko ini.

Sayapun masuk ke toko ini dan berkeliling-keliling mencari tablet pen, sekalian melihat perangkat apa saja yang ada di toko ini. Saya berencana ingin mengutak-atik mikrokontrol lagi. Perangkat mikrokontrol ternyata tidak ada di toko ini, tapi untuk perangkat komputer umum lumayan tersedia, seperti: printer, scanner, monitor, konektor HDMI, USB, LAN, tang krimping, harddisk, flashdisk, mouse, headset, dsb. Sampai akhirnya saya menemukan juga perangkat tablet pen ada dijual. Sayapun langsung membelinya dengan harga sekitar 10,000 yen. Garansi yang diberikan adalah 1 tahun. Rencananya tablet pen ini akan saya gunakan untuk menggambar, karena saya hobi menggambar. Kalau mungkin bisa, saya mau bikin komik. Jangan komik yang berat dulu deh, komik strip aja dulu lah. Hehe.. ikuti terus updatenya yah.

 

comments powered by Disqus