Clip Studio Paint Pro Gratis dari Wacom Intuos Comic

Saya merasa kecewa karena sebelum membeli Wacom Intuos Comic dikatakan di dalamnya ada software untuk membuat komik gratis. Setelah saya buka isi CD-nya di laptop, ternyata tidak ada. Software yang ada di dalam CD-nya cuma driver tablet pen. Tapi setelah saya perhatikan dengan baik di kardusnya, ternyata ada keterangan untuk membuka alamat URL untuk mendapatkan software itu.

Untuk mendapatkan softwarenya, anda diwajibkan untuk melakukan registrasi produk. Penasaran software apa sih yang diberikan, ternyata Clip Studio Paint, software yang digunakan untuk membuat manga atau komik. Software ini saya liat dari beberapa video di Youtube, sepertinya merupakan software yang digunakan oleh banyak mangaka. Setelah menyelesaikan registrasi produk, saya pun dapat mendownload versi pro-nya dan mendapat lisensi 2 tahun secara percuma.

Image

Gambar 1. Download software bundle dari Wacom Intuos Comic.

Setelah menginstal dan memasukkan serial number, maka software siap digunakan. Ini pertama kalinya saya menggunakan software komputer yang berbahasa Jepang dan saya masih mengerti cara menggunakannya.

Image

Gambar 2. Tampilan Clip Studio Paint berbahasa Jepang.

Selain software, saya juga mendapat tutorial untuk membuat manga. Wah, jadi ada bahan latihan nih. Tapi tutorialnya berbahasa Jepang. Karena saya membeli Wacom dari region Jepang, jadinya berbahasa Jepang. Gak bisa ganti region karena saat daftar ada meminta data tempat tinggal. Tapi tidak masalah, bahasa Jepang saya terpakai lagi deh. Sekaligus melatih kemampuan membaca tulisan berbahasa Jepang juga kan?

Image

Gambar 3. Tutorial membuat komik dari Wacom.

 

comments powered by Disqus