Salah satu teknik berhemat ketika tinggal di Jepang adalah mengejar diskon di konbini atau supermarket. Konbini (コンビニ) adalah semacam toko kecil yang tersebar di segala penjuru Jepang. Kalau di Indonesia, contohnya Indomaret dan Alfamart. Di Jepang, konbini yang biasa ditemui adalah 7Eleven, Lawson, SaveOn, dan Family Mart.

Diskon ditandai dengan tempelan berwarna kuning-orange, seperti tampak pada foto. Barang-barang itu saya beli dari supermarket dekat tempat tinggal saya. Nama supermarket itu adalah Yaoko. Barang-barang sering didiskon adalah bahan makanan.

Barang Diskon

Barang diskon di supermarket

Saya sendiri membeli roti dan daging ikan. Makanan lain yang didiskon di sana sebenarnya banyak, tapi sebagai orang Islam, pantangannya adalah daging babi. Wah makanan diskon murah kelihatannya enak-enak, tapi setelah saya cek, ada babinya. Yah, kasih kesempatan ke orang Jepang jadinya. Makanan seperti bento (弁当 / べんとう), onigiri, gorengan, ataupun cake juga ada.

Mengenai diskon, ada berbagai macam diskon, diantaranya :

  1. Diskon harga berupa persen, misalnya diskon 10%, 20% dsb. Ditulis 引10%, 引20%, dsb. Artinya harga barang didiskon berdasarkan persen dari harga sebenarnya. 引 dibaca hiki.
  2. Diskon setengah harga atau disebut hangaku (半額 / はんがく). Walaupun sama aja berarti diskon 50%, tapi tidak tertulis diskon 50%, melainkan kanji 半額 , yang dibaca hangaku. Artinya setengah harga.
  3. Diskon harga langsung. Ditulis dengan mencantumkan langsung potongan harganya, bukan persen. Contohnya 引30円, 引50円, dsb. Artinya barang didiskon dengan mengurangkan harga barang dengan diskon yang tercantum. Diskon yang satu ini pernah menipu saya bersama teman-teman. Ketika kami membeli roti, yang kami baca ada tulisan 30円. Saat bayar ke kasir, kami kira harganya 30円. Eh sekalinya cuma dipotong 30円. Mana harga roti sebenarnya agak mahal sih. Jadinya nyesel deh. Maklum waktu itu gak ngerti kanji. Jadi harus bisa bedain diskonnya ya. :D

 

Bagaimana mendapatkan barang diskon seperti itu?

Cara untuk mendapatkan barang-barang diskon seperti itu adalah datang ke supermarket 1 jam sebelum supermarketnya tutup. Anda bisa cari informasi kapan supermarket itu tutup dengan cara bertanya pada kasirnya. Anda bisa tanya "ここは何時までですか", dibaca "koko wa nanji made desuka?", artinya "Di sini sampai jam berapa?".

Jika sudah tahu jam berapa toko itu tutup, maka datanglah 1 jam sebelum toko itu tutup. Anda akan melihat orang-orang Jepang yang lagi belanja sedang berburu diskonan juga. Mereka aja berburu barang diskonan, apalagi kita yang lagi berhemat ya. Jadi jangan kalah ama mereka.

Mungkin kalau datang lebih awal, para kasirnya lagi menempel cap diskon ke barang-barang tersebut. Saya pernah melihat langsung barang-barang itu ditempelin cap diskon. Terus orang-orang yang melihat langsung mengambil barang yang baru saja ditempelin itu. Jadi saingan kita makin berat saja.

Lain lagi halnya dengan konbini. Konbini beroperasi terus 24jam. Jadi gak ada istilah konbininya mau tutup. Tapi di konbini, namanya jam diskon itu masih ada. Jam-jam diskon biasanya di sore hari, sekitar jam 6 s/d 7 gitu. Datang saja pada jam diskon itu, maka bisa terlihat makanan seperti bento dan onigiri lagi diskon. Cap diskonnya sama saja seperti yang terlihat di foto.

Apakah makanan yang didiskon itu aman?

Mungkin ada yang berpikir, mungkin makanan itu sudah basi. Tidak, makanan itu belum basi. Makanan itu sebenarnya sudah mau berakhir masa segarnya atau bisa dibilang sudah mau expired. Expired kira-kira beberapa jam lagi gitu. Kalau di Jepang, expired-nya barang itu ada jamnya. Jadi makanan diskon itu ada baiknya langsung di makan pada hari itu juga. Tapi beberapa makanan mentah seperti daging ikan, masih bagus aja kalau di simpan di kulkas. Saya sering beli daging ikan diskonan seperti itu. Saya goreng sebagian. Sisanya buat digoreng besok, tidak ada masalah.

Sekian isi tulisan saya kali ini, salah satu teknik berhemat tinggal di negeri sakura. Walaupun barang-barang di sini rada mahal, tapi masih saja ada jalan untuk yang lagi berhemat. Asalkan mau bersusah payah berburu diskonan.