Salah satu tempat wisata yang ada di Tokyo adalah Odaiba-park. Sebuah taman yang berada di pinggir pantai Tokyo. Daerah Odaiba ini menurut referensi yang saya baca merupakan pulau buatan atau daerah reklamasi gitu. Dapat ditempuh menggunakan kereta Yurikamome, kereta khusus yang dilewati untuk masuk ke daerah Odaiba.

Saya juga baru sadar setelah baca referensi, katanya kereta Yurikamome ini tidak ada masinisnya. Pantas saja pas saya duduk di gerbong depan, di depan itu cuma kaca kosong gopong. Orang-orang bisa duduk langsung di kursi paling depan menikmati pemandangan. Jalurnya juga berada di atas ketinggian rumah, puluhan meter dari atas tanah. Sebelum masuk ke daerah Odaiba, terdapat jalur yang melingkar bak jalur roller coaster sebelum melewati Rainbow Bridge.

Rainbow bridge

Rainbow Bridge di Odaiba-park

Sebenarnya, waktu yang tepat untuk mengunjungi Odaiba-park adalah pada malam hari. Raibow Bridge akan tampak sangat indah dengan iluminasi bak pelangi. Akan ada banyak sekali iluminasi di Odaiba-park, khususnya di dekat patung replika liberty.

Liberty Statue

Patung liberty replika di Odaiba-park

Ternyata di sini ya temen saya ambil foto. Dulu saya kira itu foto dia di Amerika. Sekalinya ada di Jepang gitu ya. Kalau di Indonesia, replika yang sering dijumpai adalah patung Singapura. Seperti orang-orang di Jepang itu agak terobsesi dengan yang berbau Amerika gitu deh. Walaupun di zaman dahulu pernah saling bermusuhan di perang dunia kedua.

Di Odaiba, anda bisa bermain-main di pantai. Tapi pantainya tidak seindah yang ada di Indonesia dan tidak begitu bergelombang. Mungkin karena pantai reklamasi gitu.

Pantai Odaiba

Pantai Odaiba

Pantai Odaiba dari dekat

Bibir pantai Odaiba dari dekat

Katanya sih kalau mau menikmati indahnya pantai di Jepang itu adanya di daerah Okinawa. Waktu yang pas untuk ke pantai adalah pas musim panas. Pasti banyak orang-orang Jepang yang bermain di pantai.

Di taman Odaiba juga ada hamparan bunga tulip yang menghiasinya. Bunga tulip dengan berbagai warna ada di sana. Sangat terlihat indah ketika musim semi.

Hamparan bunga tulip di Odaiba-park

Hamparan bunga tulip di Odaiba-park

Bunga di Odaiba

Salah satu bunga di Odaiba-park

Gundam raksasa di Odaiba telah tiada

Gundam raksasa di Odaiba telah tiada

Sebenarnya salah satu daya tarik di Odaiba adalah robot Gundam raksasa yang berada di depan Diver City Tokyo Plaza. Tapi ternyata pas saya ke sana, robot Gundamnya sudah tiada. Mungkin sedang direnovasi. Menurut info dari internet sih, katanya sejak tanggal 4 Maret yang lalu adalah saat terakhir robot itu ditampilkan. Dan katanya juga, robot Gundam ini juga kadang dipindah-pindah gitu. Oh iya, di daerah Odaiba juga banyak tempat pusat perbelanjaan dan restoran yang mengusung tema laut gitu.

Aqua City Odaiba

Aqua City di Odaiba

Pemandangan di Odaiba memang lebih banyak disuguhkan untuk night scenery. Di Odaiba, anda bisa menaiki kapal laut yang mengelilingi perairan Odaiba untuk melihat pemandangan Rainbow Bridge ataupun melihat kembang api (花火 / hanabi) di musim panas.

 

Bianglala di Odaiba

Bianglala di Odaiba

Setelah berkeliling di taman Odaiba, untuk menuju ke stasiun, dapat ditempuh dengan berjalan kaki melalui jembatan penyeberangan raksasa. Saya lewat di sana pas hari Senin, hari di mana sebagian besar orang Jepang sedang berangkat bekerja. Jadi di Odaiba juga ada daerah perkantoran. Orang-orang yang berlalu lalang begitu ramai dan hampir tidak ada suara obrolan sama sekali. Orang-orang berdasi dan berjas hitam berjalan seperti zombie. Selain melalui kereta Yurikamome, untuk keluar masuk daerah Odaiba juga bisa melewati jalur Tokyo Teleport Station. Saya membacanya seolah ingat kata teleportasi. Mungkin memang kita bisa berteleportasi jika lewat sana.

Jalur menuju stasiun Odaiba

Jalur menuju stasiun Odaiba atau Tokyo Teleport Station

Jadi, sebaiknya kunjungi daerah Odaiba pada malam hari jika ingin menikmati night scenery berupa Rainbow Bridge, berkeliling naik kapal laut, dan juga illumination yang gemerlap, hiasan lampu kerlap-kerlip. Di sana memang ada spot illumination tempat berfoto sih.

Sebenarnya saya jalan-jalan ke Odaiba karena tidak bisa mengikuti itinerary teman-teman saya. Hari ini mereka maunya jalan-jalan ke Disney Land. Saya sih tidak begitu tertarik dengan Disney Land, karena pasti sangat ramai dan antrian masuknya panjang. Bisa ngantri sampai berjam-jam di sana nanti. Tiketnya juga terbilang mahal sih. Cuma pemikiran saya saja. Tapi mungkin suatu saat saya akan jalan-jalan ke sana juga.

Referensi: https://en.wikipedia.org/wiki/Yurikamome