Kerja Paruh Waktu di Perusahaan Pemerahan Susu (Dairy)

Mulai melakukan pekerjaan ini pada musim dingin (冬/fuyu). Perusahaan susu (牧場) yang bernama Furukawa ( 古川牧場). Berada di daerah Showa-mura, Numata-shi, Gunma-ken (昭和村沼田市群馬県). Untuk menuju ke sana harus naik kereta dan turun di stasiun Iwamoto (岩本駅) dan dijemput oleh mereka menggunakan mobil menuju ke perusahaan. Berada di daerah pegunungan, lebih sering turun salju jika dibandingkan daerah Maebashi. Karena Showa-mura berada lebih atas jika dibandingkan dengan Maebashi. Di Jepang, daerah utara disebut daerah atas dan sebaliknya daerah selatan disebut daerah bawah.

Maebashi ke Iwamoto sangat jauh. Ke sana harus naik kereta (電車/densha) kurang lebih 30 menit. Melewati 6 stasiun, mulai dari Shin-Maebashi (新前橋駅), Gunma-Souja (群馬総社駅), Yagihara (八木原駅), Shibukawa (渋川駅), Shikishima (敷島駅), Tsukuda (津久田駅), sampai Iwamoto (岩本駅). Untuk hal transportasi, perusahaan yang menanggung biayanya.

Jenis sapi yang diternakkan adalah Holstein. Warna bulunya belang-belang hitam dan putih, ukuran badannya terlihat sangat besar dan gemuk-gemuk. Tapi di sana ada juga sapi yang berbulu hitam polos. Sapi ini dirawat di kandang khusus yang dipagari besi dan dibawah atap. Diberi makan berupa rumput. Rumput yang diberikan telah di-press dan berbentuk blok. Ketika diberi makan ke sapi, khususnya anak sapi, bloknya harus dihamburkan agar mudah dimakan. Sapi untuk diperah dipisahkan kandangnya dengan sapi yang masih dalam pertumbuhan. Anak sapinya terlihat imut dan sesekali melenguh dengan lucunya. Anak sapinya dipisahkan dan tidak disusui induknya, padahal induknya banyak susunya. Kan induknya buat diperah susunya untuk produksi, mungkin begitulah. Anak sapinya dipakaikan baju, karena saking dinginnya di sana.

Ketika bekerja, seragam yang digunakan berupa jaket, sarung tangan (手袋/tebukuro) khusus, sepatu boot,  dan apron (掛け前/kakemae). Apron adalah pakaian yang diletakkan di bagian depan. Sering dipakai ibu rumah tangga/chef ketika memasak, agar bagian depan pakaian tidak kotor. Seragam ini dipakai agar tidak dingin dan terhindar dari kotoran sapi.

Memeras susu di sana tidak dengan cara manual, melainkan menggunakan mesin penyedot susu (搾乳機/sakunyuuki). Kita hanya bertugas memasang alat penyedot pada puting sapi. Untuk memasang alat itu, perlu beberapa prosedur yang harus dilakukan. Setelah semua pekerjaan pemerahan selesai, pekerjaan selanjutnya adalah membersihkan (掃除/souji) kotoran sapi. Ini adalah bagian paling berat karena membutuhkan tenaga ekstra dan tentunya berurusan dengan kotoran sapi adalah hal yang menjijikkan, bukan? Setelah semua pekerjaan selesai, kita membersihkan badan dan seragam.

Hal yang tidak menyenangkan yaitu ketika memasang alat penyedot, kadang dikencingin atau bahkan diberakin sapi. Karena posisi sapi berada di tempat yang lebih atas dan kita berada di belakang sapi. Hal yang menyenangkan adalah kepala perusahaan (社長/shachou), pekerja magang (研修生/kenshuusei), dan pekerja (社員/shain) di sana baik-baik. Tapi ada seorang pekerja orang Jepang di sana yang suaranya keras dan sering menggunakan bahasa kasar (命令形/meireikei). Jadi terkesan sangar dan galak. Pekerja magang di sana negara asalnya adalah Nepal. Mereka sering menggunakan bahasa Nepali ketika bercakap-cakap sesamanya. Jadi tidak mengerti apa yang sedang mereka perbincangkan.

Our Location

company 1
company 2
company 3
company 4