Bagaimana Cara Menjebol Password Microsoft Excel yang Dipassword

Ada temen yang punya masalah dengan Excel yang dia download dari internet. Katanya tidak bisa di-edit karena dilindungi dengan password. Isi Excel juga tidak bisa di-copy. Apakah bisa password dari Excel itu dijebol. Awalnya saya tidak begitu yakin bakal menemukan caranya. Padahal saya sudah cari di internet. Mereka menyarankan untuk menggunakan cara brute force. Persis seperti apa yang saya duga. Ada juga yang bilang copy isi semua isi sheet yang di-protect ke sheet baru. Di-copy saja tidak bisa, itu sudah mustahil.

Akhirnya saya coba membongkar struktur filenya. Ekstensinya saya ubah menjadi *.zip, lalu dibuka menggunakan aplikasi ZIP manager. Maka akan muncul isi dari file Excel yang sebenarnya. Dari dalam file ZIP buka folder xl/worksheets. Di dalam folder "worksheets" semua sheet memiliki berkas XML-nya masing-masing. Perkirakan pada berkas XML mana sheet yang di-protect itu yang mana. Jika tidak tahu yang mana, bisa menerapkan langkah selanjutnya ke tiap berkas XML tersebut. Nama berkas XML-nya adalah sheet1.xml. Angka itu menunjukkan nomor sheetnya.

Ekstrak berkas XML-nya ke suatu folder. Buka berkas XML tersebut dengan menggunakan Notepad. Carilah teks ini "" dengan menggunakan Ctrl+F. Jika sudah menemukannya, hapuslah dari "" sampai bagian penutupnya "/>". Simpan perubahannya dengan cara Ctrl+S.

Setelah di-save, seret berkas XML yang telah diedit tadi kembali ke aplikasi ZIP manager di dalam folder worksheets. Akan muncul dialog, langsung klik OK untuk me-replace. Setelah menghilangkan semua tulisan itu pada tiap XML, maka ubah kembaliĀ ekstensi berkas ke ekstensinya semula. Coba buka berkas Excel itu dan yeah isi Excel menjadi bisa di-edit.

Cara ini saya temukan setelah berjam-jam dan berkali-kali mencoba segala macam cara dan akhirnya kelemahan Excel dapat ditemukan. Saya merasa Microsoft mungkin mengetahui celah itu dan membiarkannya, karena tidak akan ada yang sampai mau menjebol password Excel dengan cara seperti ini. Jadi mulai sekarang, jangan terlalu menganggap sistem pemberian password pada Excel melalui menu sepenuhnya aman. Mungkin di kemudian hari, Microsoft akan menutup celah ini.

Entah ini kejahatan atau bahan pengetahuan bersama. Saya telah membantu teman saya itu untuk menjebolkan password Excel orang lain yang berisi macro. Semoga saja ini hal positif, paling tidak menjadi teguran bagi Microsoft. Hehe.. tidak segitunya juga kali kata-katanya. Sudah saya bilang tadi, mungkin Microsoft tidak begitu memperhatikan celah itu.

Sekian tulisan saya kali ini. Saya hanya ingin berbagi pengalaman yang baru saja lakukan. Semoga dapat menginspirasi. Ingat jangan melakukan hacking untuk kejahatan. Tetaplah berjalan di atas nama kebenaran. Terimakasih bagi anda yang telah membaca tulisan saya ini. Ikuti terus update-an tulisan saya yah. :)

Our Location

company 1
company 2
company 3
company 4