Sakura dan Liburan Musim Semi

Bulan 3 sudah masuk musim semi. Sekolah pun libur musim semi. Musim semi adalah musimnya bunga-bunga bermekaran. Bagaikan pemuda yang sedang berbunga-bunga hatinya. Dalam bahasa Jepang, musim semi disebut 春 (haru). Sakura (桜) adalah merupakan ciri khas Jepang. Sakura adalah pohon, bukan tanaman bunga. Sakura akan mekar pada musim semi.

Ketika musim semi tiba, itu berarti musimnya Hanami (花見). Hanami adalah piknik di bawah pohon sakura bersama teman, keluarga, ataupun pasangan. Orang Jepang sangat suka Hanami. Mereka biasanya bawa makanan dan sake ketika Hanami. Tapi awal bulan Maret ini, sakura belum bermekaran. Tapi mendengar cerita Sensei (先生 / guru) saya, sakura paling awal mekar di daerah Okinawa dan paling akhir mekar di daerah Hokkaido. Jadi orang Okinawa yang belum sempat merasakan Hanami, bisa pergi ke Hokkaido untuk Hanami. Selain itu, ketika pada musim semi bunga-bunga bermekaran, serbuk sari bunga (花粉 / kafun) bakal beterbangan di udara. Katanya orang yang alergi bisa bersin-bersin, jadi di sarankan untuk memakai masker.

Image

Sakura di taman terbesar di Maebashi belum mekar.

Di taman terbesar di Maebashi sendiri sakura belum mekar. Saya datang ke taman itu kemarin. Ketika bunga sakura bermekaran, di sana adalah taman yang paling ramai, baik siang maupun malam hari. Mereka semua Hanami dan berjalan-jalan. Ketika pertama kali ke Jepang, saat itu sedang musim semi dan di taman itu saya bersama teman-teman pergi jalan-jalan. Selain ramai, di sana juga ada kedai yang menjual beragam makanan Jepang. Sayapun waktu itu mencoba Takoyaki, makanan yang berbahan utama cumi-cumi. Cuminya gede dipotong-potong, teksturnya kenyal dan enak sekali. Harganya 500 yen. Waktu itu tidak peduli itu mahal atau murah, yang ada dipikiran hanya ingin mencoba makanan Jepang. Saya juga memperhatikan bagaimana lincahnya penjual itu membuat Takoyaki. Takoyaki-nya dibuat jika ada yang memesan. Jadi, masih panas dan segar. Di luar musim semi, ketika ada perayaan, saya selalu mencari Takoyaki. Tapi ternyata tidak ketemu, mungkin cuma ada di musim semi kali ya.

Ketika ke sekolah lewat suatu taman dekat dari apartemen baru, saya melihat sakura sudah mekar di taman itu. Jika ada waktu, saya ingin berjalan-jalan ke sana. Hari ini saya menyempatkan waktu untuk berjalan-jalan ke taman itu. Terlihat beberapa orang-orang Jepang berfoto-foto di dekat pohon sakura. Tampak kecerian di wajah mereka berfoto di dekat pohon sakura. Tampak juga seorang petugas panti jompo sedang membawa para manula untuk berjalan-jalan di taman itu. Mengambil foto para manula. Ada juga seseorang yang menenteng kamera lalu memotret-motret pohon sakura. Mungkin dia seorang fotografer atau pecinta sakura. Taman itu adalah taman bermain untuk anak-anak. Di sana ada ayunan, seluncuran dan jungkat-jungkit. Para ibu-ibu membawa anaknya ke sana untuk bermain. Mereka juga mengambil foto anaknya di dekat pohon sakura. Ada 4 pohon sakura yang sudah mekar duluan di sana. Pohon sakura yang lainnya belum mekar.

Image

Sakura di taman dekat apartemen.

Image

Beberapa orang Jepang berfoto di dekat pohon Sakura.

Pohon sakura yang ini masih pendek, jadi bisa di foto bunganya dari dekat. Daun-daunnya sudah gugur semua dari sejak musim gugur. Jadi yang muncul hanyalah bunga semua. Tampak begitu cantik dan indah. Pantas saja orang Jepang sangat menyukai bunga Sakura. Bunga sakura dianggap spesial bagi orang Jepang karena bunga ini hanya mekar selama 2 minggu. Saat paling mereka sukai adalah ketika buka sakura mekar seutuhnya. Mereka menyebutnya Mankai (満開). Dalam waktu 2 minggu itu adalah masa yang sangat spesial untuk bisa Hanami bersama teman, keluarga, ataupun pasangan. Setelah Mankai, bunga sakura bakal berguguran. Beterbangan diterpa angin. Saat-saat ini juga yang ditunggu-tunggu orang Jepang. Pasti akan sangat indah melihat kelopak bunga sakura beterbangan diterpa angin.

Image

Bunga sakura dari dekat.

Di taman di itu ada toilet, tidak perlu bayar untuk menggunakannya. Ada juga tempat duduk dan bernaung. Udara di musim semi rasanya sangat sejuk di tengah hari. Angin bertiup sepoi-sepoi. Rasanya sangat nyaman setelah melewati dinginnya musim dingin. Tak sabar ingin melihat sakura di saat Mankai. Ingin makan Takoyaki yang enak lagi. Mungkin di bulan 4 taman terbesar di Maebashi akan ramai lagi. Katanya sih, taman sakura paling ramai itu di Tokyo, di taman Ueno. Pasti sangat sesak nanti di sana. Bukan cuma orang Jepang, tapi juga para turis akan berkumpul di sana. Tidak ada rencana keluar kota di liburan musim semi ini. Aktivitasnya hanya banting tulang di negeri orang di liburan musim semi kali ini. Sekali-sekali menikmati indahnya sakura di sekitar Maebashi saja. Ketika puncak musim semi, bunga-bunga di pinggir jalanpun bakal bermekaran. Pastilah sangat indah.

Our Location

company 1
company 2
company 3
company 4