</> Introvesia

Cara Menggunakan Composer pada PHP

Jika anda menggunakan cara biasa untuk memasang library ke web anda, maka setelah mendownload librarynya anda harus mengekstrak isinya ke folder data web, kemudian dari kode PHP anda harus menginclude file utama dari library tersebut. Biasanya sih di website penyedia librarynya ada tutorial cara penggunaannya. Cara ini harus terus diulang setiap kali memasang library. Setelah diinclude, library siap digunakan. Pada saat ingin mengupdate library yang telah terpasang, maka anda harus download lagi versi barunya lalu mereplace semua data library.

Jika anda menggunakan Composer, anda tidak perlu lagi melakukan include untuk tiap library yang anda pasang. Anda cukup menginclude file bernama autoload.php yang terletak di dalam folder vendor. File tersebut hanya perlu diinclude saat pertama kali memasang Composer pada web anda dan Composer akan secara otomatis mengincludekan library yang diinstal. Tetapi, ketika ingin menginstal ataupun mengupdate library, anda harus menginstalnya lewat CMD. Akan tetapi, perintah yang dieksekusi pada CMD untuk melakukan hal tersebut tidaklah rumit.

Menginstal Composer pada Windows

Silahkan download installer Composer pada halaman ini. Klik pada "Composer-Setup.exe". Anda juga bisa mendownload installer dengan mengklik link langsung ini. Setelah selesai mendownload installernya, silahkan diinstal.

Menggunakan Composer pada Windows

Ketika Composer telah diinstal, buka folder di mana anda meletakkan data web yang ingin dipasangkan Composer. Klik kanan pada ruang kosong. Pada context menu, anda akan melihat menu "Use Composer here". Klik menu tersebut dan akan muncul CMD yang siap digunakan untuk mengeksekusi perintah.

Mencari Library yang Tersedia di dalam Composer

Database library yang digunakan oleh Composer berada di server Packagist. Anda dapat mencari library yang anda butuhkan di website Packagist. Ada form untuk melakukan pencarian library di sana. Jika anda mengklik sebuah library dari hasil pencarian, maka informasi detail mengenai library tersebut akan ditampilkan. Format perintah yang digunakan untuk menginstal library seperti di bawah ini.

composer install <nama library>

Setelah menginstal library untuk pertama kalinya, maka akan muncul folder bernama vendor. Di dalam folder inilah semua library-library yang akan dipasang diletakkan.

Format perintah yang digunakan untuk mengupdate library seperti di bawah ini.

composer update <nama library>

Memanggil Composer ke Web Anda

File PHP yang akan dituliskan kode untuk memanggil autoloader Composer biasanya berkas yang berperan sangat penting. Lebih simpelnya sih, berkas index.php yang berada di root data web anda. Jika anda menggunakan PHP framework seperti Laravel atau Slim Framework, kode pemanggilan Composer tidak perlu dilakukan lagi. Berikut adalah kode untuk memanggil Composer.

<?php

include 'vendor/autoload.php';

Yah, sesimpel itu saja. Anda cukup menginclude berkas bernama autoload.php yang berada di dalam folder vendor.