</> Introvesia

Mempersiapkan Ruang Pembuatan Website Menggunakan PHP di Mac OS

Download package XAMPP untuk Mac OS pada halaman web ini. Setelah selesai didownload, dobel klik package tersebut dan lakukan instalasi.

Memperbaiki Masalah phpMyadmin Tidak Bisa Dibuka

Buka file httpd-xampp.conf yang berada di dalam folder /opt/lampp/etc/extra. Edit file tersebut. Cari dan jadikan komentar seperti kode di bawah ini.

#LoadModule perl_module        modules/mod_perl.so

Ganti kode yang berada di antara kode <Directory "/opt/lampp/phpmyadmin"> dan </Directory> menjadi seperti kode di bawah ini.

<Directory "/opt/lampp/phpmyadmin">
    AllowOverride AuthConfig Limit
    Order allow,deny
    Allow from all
    Require all granted
    ErrorDocument 403 /error/XAMPP_FORBIDDEN.html.var
</Directory>

Download Aplikasi Pendukung

Berikut ini adalah aplikasi dan tools yang saya gunakan untuk mengembangkan website di Mac OS.

Brew

Brew adalah tools yang digunakan untuk mendownload library yang dibutuhkan untuk melakukan development dan ini adalah tools yang sangat penting bagi programmer. Klik link ini untuk mengunjungi halaman wesitenya. Kita dapat mendownload Brew melalui terminal. Di websitenya juga telah diterangkan cara menginstalnya. Di bawah ini adalah perintah untuk menginstal Brew.

/usr/bin/ruby -e "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install)"

Git

Git adalah tools yang digunakan untuk mengelola versi. Dengan Git, anda bisa mengetahui setiap detail di mana anda telah melakukan perubahan kode yang telah anda lakukan. Selain itu, semua history tersebut dapat dilihat oleh tim lainnya. Jadi, tools ini sangat berguna untuk mengelola website yang dikembangkan oleh tim. Jika anda telah menginstal Brew, maka anda tinggal menjalankan perintah di bawah ini untuk menginstal Git.

brew install git

Composer

Composer adalah tools yang digunakan untuk mengelola library yang digunakan pada pengembangan website yang menggunakan PHP. Jika anda telah menginstal Brew, silahkan jalankan perintah di bawah ini untuk menginstal Composer.

brew install composer

FileZilla

FileZilla digunakan untuk mengelola berkas yang berada di server web online. Silahkan download FileZilla untuk Mac OS pada link ini. Berkas yang telah didownload tadi dapat langsung dieksekusi dengan cara dobel klik. Nanti akan muncul jendela instalasi aplikasi.